^pesan moral Idul Fitri …

Standar

Umat Islam Indonesia merayakan Idul Fitri 1436H serentak diseluruh tanah air … 🙂

Alhamdulillah – Wasyukurillah … 

11754286_713360425435953_6702324296666746290_n

Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436H … jatuh pada hari Jum’at, 17 Juli 2015 … setelah menunaikan Ibadah Sholat I’ed berjamaah di lapangan atau di masjid … kita akan ‘sungkeman – menyalami dan mencium tangan orang tua kita masing2 (bagi yang masih ada), seraya mengucapkan ‘mohon dimaafkan semua dosa dan kesalahan ananda lahir dan bathin. 🙂

Setelah acara … bersuka cita bersama keluarga dan tetangga selesai … maka kita akan mengunjungi  sanak famili, handai  taulan untuk ber-silahturahmi … dalam pertemuan itu kita kembali saling bersalam-salaman serasa berkata ‘mohon maaf lahir dan bathin … begitu seterusnya. 😀

Sanak famili … atau dengan teman dan kenalan yang jauh dari kota kita … akan kita kirimkan salam, bahkan saling berkirim salam via esemes/bbm-an/washApp, dll, etc, dsb-nya … isi pesannya aneka macam, diantaranya yang afdol :

“Taqobbal Allahu minna wa minkum

– SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436H

Minal aidin walfaidzin, Maaf lahir & bathin …”

gambar-ucapan-lebaran-2014

Kalaulah kita renungkan … apa yang kita lakukan dalam ber-salam2an pada hari raya idul fitri tersebut sambil mengucapkan maaf lahir dan bathin … diantara kita harus saling memaafkan, saling menghalalkan dan diharapkan tidak ada lagi dosa diantara kita. 🙂

Diharapkan kita kembali ke jati diri kita semula yaitu ‘fitrah … seiring bersama itu terasa ada nuansa muatan pesan2 moral didalamnya. Yaitu, ada 3-hal yang harus dikembangkan dalam silaturrahmi tersebut yaitu, Toleransi, Lapang hati dan Motivasi.

Toleransi … layak dikembangkan untuk kesiapan pribadi kita menghadapi keadaan yg bisa saja tidak setara atau sekufu. Menurunkan ego diri mengecilkan kesempatan tumbuhnya rasa lebih dari yang lain. Ada baiknya kita belajar lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Lapang hati … adalah ikhtiar yang lebih mulia untuk menghadapi penilaian yang bisa saja tidak membawa rasa nyaman dalam hati. Belajar lebih banyak arti sabar , ikhlas dan maaf.

Motivasi yang positif … baik untuk diri sendiri dan bisa jadi berimpact pada banyak orang, akan mengukuhkan pribadi yang selalu berbeda dan pioner dalam menyikapi berbagai hal yang tak selalu ada diatas.

Toleransi, Lapang hati dan Motivasi..tiga untuk memantapkan pribadi yang bijak dan mulia. 😀

11745360_713360778769251_1074278241347982597_n

Selamat melaksanakan Puasa Syawal 1436 H

-o0o-

Jakarta, 31 Juli 2015

^Ide postingan coppas dari washApp seorang teman …^ 😛

< Saya Lebaran Ke-2 (Senin, 27 Juli 2015) … setelah melaksanakan Puasa Syawal 6hari … Alhamdulillah – Wasyukurillah … >

<foto2 diatas pinjaman dari rumah om gogle>

-o0o-

Iklan

3 responses »

  1. Assalaamu’alaikum wr,wb, Soeman Jaya…

    Harapan kita syawal bulan fitrah yang menjadikan kita lebih baik dari semalam setelah semuanya saling menghalalkan dan memaafkan dosa dan silap masa lalu. Itulah namanya fitrah manusia. Inginkan kebaikan selalu berada dalam hidup mereka.

    Soeman, silakan sudi mengambil AWARD BERGAYA SENIDIRI sempena Ulang Tahun Ke-5 Kelahiran Blog LMGS G2 di maya pada. Semoga silaturahmi ini diberi kebaikan. Aamiin.

    https://webctfatimah.wordpress.com/2015/08/15/ct346-launching-banner-baru-lmgs-g2-ulang-tahun-ke-5-bergaya-sendiri/

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s